Filipina Ingin Belajar Dari Sepakbola Indonesia

Posted on

Filipina adalah negara yang memiliki karakteristik yang sama dengan Indonesia. Dimana sama halnya dengan Indonesia, negara Filipina juga terdiri atas banyak pulau. Hal inilah yang menjadi pemicu negara ini untuk memiliki keinginan belajar dari Indonesia untuk urusan sepak bola. Filipina sendiri memang baru saja sukses menggelar sebuah kompetisi sepak bola Asia Tenggara yakni AFF Suzuki Cup 2016 setidaknya untuk penyisihan grup A. Hal ini terbilang unik, pasalnya di negara tersebut, sepak bola sendiri masih kalah tenar dibandingkan dengan basket.

phillip-younghusband-filipina-timnas-indonesia-rizky-pora-640x423

“Tidak mudah mengembangkan sepak bola di Filipina karena bola basket sudah sangat mengakar. Kami juga tengah bekerja keras untuk melakukan pembinaan,” ungkap Sekjen Federasi Sepakbola Filipina, Atty Edwin Gastanes, beberapa waktu lalu.

“Pembinaan sepak bola usia muda tetap berjalan, meski lamban tetapi sudah banyak sekolah-sekolah yang memiliki klub sepak bola dan ada kompetisi antarsekolah,” jelasnya.

“Kami berbeda dengan Vietnam atau Thailand yang semua daerah mungkin mudah dipantau. Indonesia dan Filipina hampir sama, terdiri banyak pulau. Dan kami (PFF) belum memiliki wakil di semua provinsi,” beber Atty Edwin Gastanes.

Meski memang saat ini, Filipina memiliki peringkat FIFA paling atas di antara negara Asia Tenggara lainnya, yang menunjukkan bahwa memang negara ini menunjukkan perkembangan sepak bola yang sangat pesat, namun PFF menilai bahwa mereka masih banyak harus melakukan pembenahan terhadap sepak bola di negaranya.

“Perlu ada kemasan yang bagus, misalnya sepak bola dengan hiburan, karena masyarakat Filipina tidak semua mudah menggemari sepak bola. Lihat saja di beberapa tempat, Anda akan lebih mudah menemukan lapangan basket ketimbang lapangan sepak bola,” tutur Atty Edwin Gastanes.

Timnas Filipina sendiri di penyisihan Grup A AFF Suzuki Cup 2016 gagal melaju ke babak semi final karena pada laga penentu menghadapi Thailand mereka harus takluk. Alhasil Thailand berhasil menjadi wakil Grup A di semi final bersama dengan Indonesia yang pada babak penentu berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 1-2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *