Lahir Nyaris Tanpa Otak, Bayi Ini Tetap Hidup Sehat

Posted on

Bayi bernama Aniyah Todd dilahirkan dengan kondisi gangguan kesehatan yang terbilang sangat langka, dimana dirinya menderita encephalocele. Sebuah kelainan yang membuatnya terlahir nyaris tanpa memiliki otak atau hanya 10 persen dari otak manusia normal pada umumnya.

bayi-tanpa-otak

“Ini mengerikan, ketika mereka mengatakan, otak bayi kami tak ada dan sulit bagi si bayi untuk bertahan hidup,” ungkap Charlotte Youds, ibunda Aniyah.

Encephalocele merupakan kondisi kelainan pada bayi disaat tulang tengkoraknya tidak menutup dengan baik pada saat pembentukan. Hal ini umumnya terjadi dikarenakan adanya tabung syaraf yang tidak normal yang menyebabkan tulang kepala dan tulang belakang pertumbuhannya jadi terganggu alias tidak normal.

Aniyah Todd sendiri lahir ke dunia dengan kondisi kembar, dimana sang saudari terlahir sangat normal tanpa adanya kurang satu apapun. Pihak dokter yang menangani proses persalinan bayi abnormal ini sendiri sempat menilai jikalau Aniya Todd sebenarnya tidak akan mampu bertahan untuk hidup dengan lama.

bayi-tanpa-otak-1-640x448Akan tetapi, hingga saat ini sejak 7 Juli 2016 Aniyah Todd masih bertahan hidup dengan kondisi hanya memiliki 10 persen otak dari manusia normal pada umumnya. Charlotte yang tak lain adalah ibu kandung dari Aniyah menilah jika memang hal ini merupakan salah satu kejutan dalam kehidupannya.

Usai dilahirkan, Aniyah memang sempat menjalani perawatan selama 6 hari. Akan tetapi, setelah itu, dirinya pun dapat pulang dan keluar dari Liverpool Women’s Hospital, Inggris, tempat dimana dirinya dilahirkan.

Mengutip dari Dailmail, diketahui bahwa kondisi dan keadaan Aniyah ini sendiri memang tidak bisa diprediksikan oleh tim dokter yang menanganinya.

“Perjalanan ini terasa sangat sulit. Sekarang Aniyah berkembang lebih baik dibandingkan prediksi orang,” ungkap ibunya.

Tim dokter sendiri menilai bahwa nantinya Aniyah akan mengalami kesulitan ketika bernafas. Hal ini nantinya akan membuatnya harus dibantu dengan oksigen sepanjang dirinya hidup. Prediksi lainnya juga adalah pada saat makan dimana dirinya harus dibantu karena pastinya akan sulit melakukannya secara normal.

Namun, saat ini semuanya dapat dilakukan oleh Aniyah dengan baik. Dimana dirinya pun mulai tumbuh layaknya baik sehat dan normal pada lainnya dan layaknya sang saudari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *